Selamat Datang!!

Kamis, 10 Oktober 2013

Cara Mudah Membuat Buku Menggunakan Microsoft Word



Haii readers^-^…Do you miss me??? Hari ini saya akan membagi ilmu tentang Microsoft Word pada kalian…

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang memudahkan kita untuk mengeksplor kemampuan kita dalam menulis  dan juga kita dapat menghemat waktu dan tenaga.

Dosen saya memberi tugas membuat buku dengan menggunakan Ms. Word tanpa menggunakan cara manual karena banyak orang menggunakan cara manual kemungkinan mereka tidak begitu memahami Mirosoft Word.

Nah,…Berikut adalah beberapa cara mudah membuat buku menggunakan Ms. Word beserta penjelasanya!

1. Mencari bahan bahasan
Menentukan tema buku yang akan kita buat tentu sangat penting. Pilih Judul yang menarik dan sesuai dengan tema buku.

2.Membuat Cover
Cover merupakan bagian pertama yang kita buat terlebih dahulu untuk membuat buku.
Caranya :
·         Klik menu Insert
·         Klik cover page
·         Lalu pilih desain cover yang kalian inginkan
·         Edit sesuai selera
·         Tulislah judul, Nama,tanggal dan NIM
Seperti gambar dibawah ini :


3.Membuat Daftar Isi
Daftar isi memudahkan kita untuk mencari halaman bahasan yang kita tuju. Apa kalian tahu cara cepat membuat daftar isi tanpa harus membuat secara manual?
Caranya :
·         Klik menu References
·         Klik Table of Contents
·         Pilihlah format daftar isi yang kalian inginkan
·         Kemudian Edit
Contohnya seperti gambar ini :

4. Collums (Kolom Koran) dan Dropcap
Setelah mengetikkan isi dari buku yang kalian buat, kita dapat mengeditnya supaya lebih menarik dengan menggunakan collums dan dropcap
Collums (kolom Koran)
Adalah tool yang berfungsi untuk mengatur teks seperti kolom koran atau jurnal dan lain-lain. Cara menambahkannya:
·         Klik menu page layout
·         Klik Columns
·         Pilih berapa colums yang kalian inginkan


Dropcap
Adalah tool yang berfungsi untuk membuat karakter pertama pada paragraf tampil lebih besar. Cara menambahkannya:
·         Klik menu insert
·         Tempatkan kursor disamping karakter awal
·         Klik Dropcap dan pilih Dropcap options
·         Akan muncul kotak dialog atur sesuai keinginan, pilih posisi, tentukan font dan banyak baris yang ingin di droped.
·         Klik OK dan selesai



5. Footnote (Catatan kaki)
Adalah tool yang berfungsi untuk membuat catatan kaki. Cara menambahkannya:
·         Klik menu refrences
·         Tempatkan kursor disebelah kata yang ingin diberi catatan kaki
·         Klik insert footnote
·         Masukan catatan kakinya


6.   Bullets and Numbering
Adalah tool yang berfungsi memberi tanda simbol atau nomor pada kalimat. Cara menambahkan:
Bullets (symbol)

Caranya :
·               Klik menu Home
·               Klik Bullets pada menu paragraph pilih simbol yang kalian inginkan
·               Jika ingin menambahkan simbol baru klik Define new bullet
·               Tinggal pilih ingin menambahkan simbol, gambar atau font
·               Lalu klik ok

Numbering (tanda nomor)
Caranya:
·               Klik menu home
·               Klik numbering pada menu paragraph (icon disamping bullets)
·               Pilih numbering yang kalian inginkan

7. Equation (Menambahkan Rumus)

Adalah toolbar yang berfungsi untuk menginput berbagai rumus ke dalam lembar kerja. Cara menginputnya:
·               Klik menu insert atau bisa tekan Alt + = untuk mengaktifkan tool equation
·               Masuk pada tab Design dan Ketik rumus sesuai format yang ada di equation
·               Untuk melihat rumus yang ingin  diketik kita bisa lihat di menu Structures.



8. Table
Adalah tool yang berfungsi untuk menambahkan tabel dalam suatu dokumen.
Cara menambahkannya:
·         Klik  menu insert
·         Klik table dan pilih insert table
·         Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini, kemudian tentukan banyak baris dan kolom yang kalian inginkan


·         Klik ok
·         Untuk mengedit tabel bisa menggunakan design dan layout, namun table harus diklik lebih dahulu


9. Header-Footer
Fungsi dari Header and Footer adalah untuk membuat cetakan/informasi di atas dokumen (Header) dan di bawah dokumen (Footer) yang ditampilkan terus menerus dalam satu dokumen.  Cara menambahkannya:
·         Klik menu Insert
·         Kemudian klik Header atau Footer
Header

Footer

·         Kemudian ketikkan teks yang ingin dimasukkan ke header
·         Double klik dimana saja

10. Watermark
Adalah teks atau gambar yang muncul di belakang teks pada suatu dokumen biasanya agak  transparan. Biasanya digunakan untuk memberi identitas suatu dokumen. Cara menambahkannya:
·         Klik menu page layout
·         Klik tool watermark dan pilih custom watermark
·         Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini dan klik text watermark
·         Setelah itu edit teks atau gamar sesuka hati dan klik apply



11.Membuat Biografi
Nah..readers,,langkah terakhir adalah membuat biografi. Semua hal tentang kamu yang telah membuat buku tersebut. Sertakan foto kalian dan atur tata letak foto. 
Caranya :

·         Klik menu page layout
·         Klik tool position
·         Pilih posisi foto ian trhada teks.


KKeeuUutTt…akhirnya selesai
Janagan lupa tiru adegan ini..hahaha kayak debus aja #GeJe
Nah..SELAMAT MENCOBA READERS….(^o^)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar