Haii
readers^-^…Do you miss me??? Hari ini saya akan membagi ilmu tentang Microsoft
Word pada kalian…
Microsoft
Word merupakan software pengolah kata yang memudahkan kita untuk mengeksplor
kemampuan kita dalam menulis dan juga
kita dapat menghemat waktu dan tenaga.
Dosen saya memberi tugas membuat buku dengan menggunakan Ms. Word tanpa menggunakan cara manual karena banyak orang menggunakan cara manual kemungkinan mereka tidak begitu memahami Mirosoft Word.
Dosen saya memberi tugas membuat buku dengan menggunakan Ms. Word tanpa menggunakan cara manual karena banyak orang menggunakan cara manual kemungkinan mereka tidak begitu memahami Mirosoft Word.
Nah,…Berikut
adalah beberapa cara mudah membuat buku menggunakan Ms. Word beserta
penjelasanya!
1. Mencari bahan bahasan
Menentukan
tema buku yang akan kita buat tentu sangat penting. Pilih Judul yang menarik
dan sesuai dengan tema buku.
2.Membuat Cover
Cover
merupakan bagian pertama yang kita buat terlebih dahulu untuk membuat buku.
Caranya
:
·
Klik menu Insert
·
Klik cover page
·
Lalu pilih desain cover yang kalian
inginkan
·
Edit sesuai selera
·
Tulislah judul, Nama,tanggal dan NIM
Seperti
gambar dibawah ini :
3.Membuat Daftar Isi
Daftar
isi memudahkan kita untuk mencari halaman bahasan yang kita tuju. Apa kalian
tahu cara cepat membuat daftar isi tanpa harus membuat secara manual?
Caranya
:
·
Klik menu References
·
Klik Table of Contents
·
Pilihlah format daftar isi yang kalian
inginkan
·
Kemudian Edit
Contohnya
seperti gambar ini :
4. Collums (Kolom Koran) dan
Dropcap
Setelah
mengetikkan isi dari buku yang kalian buat, kita dapat mengeditnya supaya lebih
menarik dengan menggunakan collums dan dropcap
Collums (kolom Koran)
Adalah tool yang berfungsi untuk
mengatur teks seperti kolom koran atau jurnal dan lain-lain. Cara
menambahkannya:
·
Klik
menu page layout
·
Klik
Columns
·
Pilih
berapa colums yang kalian inginkan
Dropcap
Adalah tool yang berfungsi untuk
membuat karakter pertama pada paragraf tampil lebih besar. Cara menambahkannya:
·
Klik
menu insert
·
Tempatkan
kursor disamping karakter awal
·
Klik
Dropcap dan pilih Dropcap options
·
Akan
muncul kotak dialog atur sesuai keinginan, pilih posisi, tentukan font dan
banyak baris yang ingin di droped.
·
Klik
OK dan selesai
5.
Footnote (Catatan kaki)
Adalah tool yang berfungsi untuk
membuat catatan kaki. Cara menambahkannya:
·
Klik
menu refrences
·
Tempatkan
kursor disebelah kata yang ingin diberi catatan kaki
·
Klik
insert footnote
·
Masukan
catatan kakinya
6. Bullets and Numbering
Adalah tool yang berfungsi memberi
tanda simbol atau nomor pada kalimat. Cara menambahkan:
Bullets (symbol)
Caranya :
·
Klik
menu Home
·
Klik
Bullets pada menu paragraph pilih simbol yang kalian inginkan
·
Jika
ingin menambahkan simbol baru klik Define new bullet
·
Tinggal
pilih ingin menambahkan simbol, gambar atau font
·
Lalu
klik ok
Numbering (tanda nomor)
Caranya:
·
Klik
menu home
·
Klik
numbering pada menu paragraph (icon disamping bullets)
·
Pilih
numbering yang kalian inginkan
7. Equation (Menambahkan Rumus)
Adalah toolbar yang berfungsi untuk
menginput berbagai rumus ke dalam lembar kerja. Cara menginputnya:
·
Klik
menu insert atau bisa tekan Alt + = untuk mengaktifkan tool equation
·
Masuk
pada tab Design dan Ketik rumus sesuai format yang ada di equation
·
Untuk
melihat rumus yang ingin diketik kita bisa lihat di menu Structures.
8.
Table
Adalah tool yang berfungsi untuk
menambahkan tabel dalam suatu dokumen.
Cara menambahkannya:
·
Klik menu insert
·
Klik
table dan pilih insert table
·
Akan
muncul kotak dialog seperti dibawah ini, kemudian tentukan banyak baris dan
kolom yang kalian inginkan
·
Klik
ok
·
Untuk
mengedit tabel bisa menggunakan design dan layout, namun table harus diklik
lebih dahulu
9.
Header-Footer
Fungsi dari Header
and Footer adalah untuk membuat cetakan/informasi di atas dokumen (Header) dan
di bawah dokumen (Footer) yang ditampilkan terus menerus dalam satu dokumen.
Cara menambahkannya:
·
Klik
menu Insert
·
Kemudian
klik Header atau Footer
Header
Footer
·
Kemudian
ketikkan teks yang ingin dimasukkan ke header
·
Double
klik dimana saja
10.
Watermark
Adalah teks atau gambar yang muncul
di belakang teks pada suatu dokumen biasanya agak transparan. Biasanya digunakan untuk memberi
identitas suatu dokumen. Cara menambahkannya:
·
Klik menu page layout
·
Klik tool watermark dan pilih custom
watermark
·
Akan muncul kotak dialog seperti
dibawah ini dan klik text watermark
·
Setelah itu edit teks atau gamar sesuka
hati dan klik apply
11.Membuat Biografi
Nah..readers,,langkah terakhir
adalah membuat biografi. Semua hal tentang kamu yang telah membuat buku
tersebut. Sertakan foto kalian dan atur tata letak foto.
Caranya :
·
Klik
menu page layout
·
Klik
tool position
·
Pilih
posisi foto ian trhada teks.
KKeeuUutTt…akhirnya selesai
Janagan lupa tiru adegan ini..hahaha
kayak debus aja #GeJe
Nah..SELAMAT MENCOBA READERS….(^o^)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar